Yunani merupakan tempat bagi persemaian dan berkembangnya filsafat, sehingga melahirkan filsuf-filsuf yang nantinya banyak mempengaruhi pemikir-pemikir di dunia Islam dan Barat. Filsafat merupakan akar dari pada disiplin ilmu yang kita temui sampai pada saat ini.

Filsafat tidak lahir begitu saja banyak hal yang melatarbelakangi filsafat yakni faktor setting sosial, geografis dan mitologi-mitologi yang berkembang pada saat itu.
dengan berkembang nya mitologi-mitologi tersebut sangat mempengaruhi lahirnya filsafat dimana kata filsafat sendiri secara bahasa berasal dari kata Philos" cinta" dan Shopos" kebenaran atau kebijaksanaan"

Orang Yunani mulai mempertanyakan mitos-mitos yang terjadi sehingga lahirlah filsuf yang bernama Thales. menurutnya, alam semesta ini berasal dari air, karena tanpa air kita bisa hidup. banyak filsuf-filsuf yang membahas tentang kejadian alam semesta ini seperti Anaximandros, Anaximenes , Heraklitos dan filsuf lainya. Filsuf-filsuf pra sokratik memfokuskan perhatiannya pada alam raya atau Kosmo sentris.

Yang menarik disini dizaman Yunani kuno manusia sudah mendayagunakan akalnya untuk menjawab segala mitos-mitos yang berkembang pada saat itu, mereka mengunakan bagaimana berfikir secara teratur. Bahwasanya Dengan anugerah akal yang di berikan tuhan pada kita maka kita wajib bersyukur yakni dengan mengunakan akal kita untuk berfikir.

Penulis : Reza Fahlevi





1 Comments

Anonymous said…
Mantab bang
Previous Post Next Post