Lapak baca Komunitas LampungNgoPi sudah berjalan hampir dua tahun lebih. Kegiatan buka lapak baca gratis itu dibuka pada hari Senin sampai dengan Jum'at di sekitaran Embung Uin Raden Intan Lampung sedangkan untuk malam Sabtu dan Minggu komunitas LampungNgoPi membuka lapak baca gratis di tempat keramaian Kota Bandar Lampung seperti Taman Lungsir, tugu juang dan tempat keramaian lainya.

Buku-buku yang disediakan untuk pembaca mulai dari buku anak-anak , Mahasiswa dan Umum. Dimana buku-buku tersebut di dapatkan dari kawan-kawan mahasiswa, donasi masyarakat umum dan dari anggota Komunitas LampungNgoPi "Ngobrol dan berPikir" itu sendiri.

Kegiatan ngelapak merupakan kegiatan Sosial, dimana kehiatan Sosial itu memiliki tantangannya tersendiri.
Hampir dua tahun lebih dan sampai sekarang kegiatan ngelapak buku masih terus berjalan. Bukan tanpa halangan dan rintangan mulai dari kejenuhan, fasilitas yang terbatas dan kesibukan anggota komunitas baca LampungNgoPi yang dimana kebanyakan Mahasiswa.

Namun dengan kesadaran dan tekad yang kuat untuk menggaungkan tentang penting ber-Literasi kegiatan ngelapak masih berjalan dan konsisten sampai saat ini. 
Selain dari pada itu merupakan tanggunh jawab sosial mahasiswa sebagai pribumi terpelajar untuk terjun kemasyarakat melakukan Pengabdian.


Jika boleh meminjam kata-kata dari Tan Malaka 
"
Jika kaum muda yang belajar di sekolah ataupun perguruan tinggi dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali" 

Salam Literasi
Reza Fahlevi

Post a Comment

Previous Post Next Post